5 Tips Agar Anak Suka Membaca


Tips Anak, 5 Tips Agar Anak Suka Membaca

Tips Anak, 5 Tips Agar Anak Suka Membaca – Buku adalah jendela dunia, tentunya sangat menyenangkan sekali memiliki anak yang gemar membaca, selain menambah pengetahuan, dengan membaca buku bisa merangsang dan menstimulasi otak anak untuk terus menerima hal hal yang baru.
Bagaimana agar anak memiliki kegemaran membaca dan mencintai buku, berikut adalah tips anak, 5 tips agar anak suka membaca.
Tips Anak,  5 Tips Agar Anak Suka Membaca
Kenalkan buku sejak dini, agar anak suka membaca, akan lebih baik jika kita mengenalkan buku kepada anak sejak dini, bahkan kalau perlu sedini mungkin sejak anak belum tahu apa itu buku. Alih alih memberikan banyak mainan, ganti lah sebagian mainan itu dengan buku buku bergambar yang lucu khas anak anak.
Berilah contoh, mengingat anak anak merupakan plagiat tingkah laku yang sempurna dari orang orang terdekatnya maka hendaknya sebagai orang tua kita memberikan contoh yang baik kepada anak tentang membaca buku. Sering sering lah membaca buku dekat anak dan ajaklah anak berinteraksi berkaitan dengan isi buku tersebut, tentu saja buku yang Anda baca harus buku yang kira kira menjadi kesukaan si anak, misalnya buku tentang kehidupan binatang, pahlawan dan sebagainya.
Kenalkan manfaatnya, membaca buku tentu punya banyak manfaat, ceritakanlah kepada anak tentang manfaat membaca buku dengan gaya khas anak anak. Misalnya, bilang sama anak “adek pengen jadi anak pintar engga ?’ ” kalau pengen pintar harus rajin membaca” dan sebagainya, sesuai dengan karakter anak, tentunya Anda lebih tahu bagaimana karakter anak Anda bukan ?
Pergi ke toko buku, sering sering lah mengajak anak pergi ke toko buku dan biarkan anak memilih jenis buku yang mereka sukai, pada awalnya biarkan mereka memilih jenis buku kesukaannya, dan pelan pelan Anda arahkan ke jenis buku yang memiliki banyak manfaat.
Atur koleksi buku, Aturlah koleksi buku buku yang ada di rumah di tempat yang mudah terlihat dan dijangkau oleh anak, aturlah sedemikian rupa sehingga menarik minat anak untuk mengambil dan membacanya.
Semoga bermanfaat…

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan di tengah Postingan 2

Kode Iklan atau kode lainnya