Agar Anak Suka Membaca


Minat membaca anak Indonesia sangatlah kecil. Itu terbukti dengan hasil riset yang menunjukkan bahwa anak Indonesia memiliki minat baca paling rendah diantara negara-negara asia tenggara. Faktanya, penduduk Indonesia lebih banyak mencari informasi dari televisi dan radio ketimbang buku atau media baca lainnya. Laporan bank Dunia no.16369-IND (Education in Indonesi from Crisis to recovery) menyebutkan bahwa tingkat membaca usia kelas VI Sekolah Dasar di Indonesia hanya mampu meraih skor 51,7 di bawah Filipina (52,6), Thailand (65,1) dan Singapura (74,0).
Hal yang sulit bagi para orang tua untuk membiasakan anak agar suka membaca buku. Berbagai cara dari orangtua agar anak mau untuk membaca, berikut  cara yang dapat dilakukan oleh orang tua agar anak menjadi minat membaca :

1. Berikan Hadiah atau kado berupa buku. Jadikan buku sebagai kado akan membuat anak merasa bahwa buku adalah sesuatu yang berharga dan sangat bernilai. Berikan buku sebagai hadiah dari momen-momen spesial seperti hadiah ulang tahun atau hadiah prestasi.
2. Berikan buku cerita yang menarik bagi anak. Misalnya buku yang banyak gambar dengan warna-warni yang menarik dan sedikit tulisannya. Berikan buku yang agak tebal seperti karton agar tidak mudah rusak. Untuk batita bisa diberikan buku bantal yang tebal dan empuk.
3. Bacakan dongeng dengan sangat menarik agar anak menjadi tertarik untuk membaca buku dongeng.
4. Nyanyikan lagu aku suka membaca buku agar meningkatkan kecintaan anak pada kegiatan membaca buku.
5. Membuat poster besar yang berisi gambar bermacam-macam kesukaan anak dan buat tulisannya juga, lalu tempel didinding agar bisa dilihat dan dibaca setiap hari oleh anak.
6. Sediakan perpustakaan pribadi, tidak perlu besar dan lega. Cukup siapkan satu lemari berisi buku-buku dan susun dengan rapi agar anak tertarik untuk membaca. Tapi yang perlu diingat jangan sampai tempat buku tersebut disatukan dengan mainan anak-anak.
Selamat membaca….

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan di tengah Postingan 2

Kode Iklan atau kode lainnya