Ada 10 Keterampilan Hidup Yang Perlu Diajarkan Orangtua


Setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Kamiita ingin membesarkan anak-anak kita dengan benar dan selalu ada untuk mereka. Sementara kita tidak bisa menanamkan pada anak-anak setiap keterampilan, ada beberapa keterampilan hidup penting yang semua orangtua harus ajarkan pada anak-anak mereka. Keterampilan ini akan membantu anak Anda lebih baik dalam mengatasi masalah dan tumbuh menjadi orang yang bertanggung jawab, hormat berharga.

1. Ajarkan anak untuk tidak berhenti membaca dan belajar

Semakin banyak Anda membaca dan belajar, semakin Anda membuka pikiran Anda untuk berbagai kemungkinan dan tahu segala macam hal yang membuat Anda lebih pintar dan lebih bijaksana. Anak-anak juga harus tah,u belajar tidak melibatkan membaca buku teks saja. Ada banyak cara untuk belajar.
Dorong anak Anda agar berpikiran terbuka dan mau belajar dari situasi kehidupan (baik positif maupun negatif), orang lain, serta orang tua mereka.

2. Ajarkan anak untuk bermain dengan yang lain

Dunia saat ini lebih bersifat global. Nilai kerja sama tim dan menerima orang lain dengan perbedaannya tidak cukup ditekankan. Dorong anak-anak untuk bekerjasama dan bekerja dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama.
Dengan cara ini Anda menanamkan dalam diri mereka tidak hanya toleransi terhadap pandangan yang berbeda, tetapi juga empati dan kemauan untuk mempertimbangkan pemikiran dan perasaan orang lain.

3. Ajarkan anak untuk menyelesaikan perselisihan secara damai

Ketidaksepakatan tak dapat dielakkan dalam hidup. Anak-anak harus berlatih berkepala dingin saat menghadapi konfrontasi dan perselisihan.
Dorong mereka untuk bernapas, menimbang semua sisi dari sebuah isu dan mengajukan pertanyaan seperti “mengapa” dan “bagaimana jika.” Dengan cara itu mereka fokus pada masalah dan bukan orangnya, dan menjadi lebih mudah untuk mengendalikan emosi yang berbahaya seperti kemarahan.

4. Ajarkan anak untuk membiarkan suara mereka didengar, tetapi dengan cara yang benar

Biarkan anak-anak tahu bahwa Anda sebagai orangtua tidak akan selalu ada untuk melindungi dan membela mereka. Dorong mereka untuk membela diri mereka sendiri, berbicara apa yang ada di pikiran mereka dengan berani dan hormat, dan memimpin jalan ketika situasi membutuhkan.
Kemampuan untuk berdiri sendiri (dan lain-lain), untuk berkomunikasi secara efektif dan memimpin adalah beberapa keterampilan yang paling berharga yang dapat dimiliki di dunia modern. Ini harus dipelajari sejak dini.

5. Ajarkan anak untuk meminfa maaf saat berbuat salah, dan memaafkan saar merasa dirugikan

Anak-anak harus tahu semua orang membuat kesalahan, tapi memaafkan dapat menyembuhkan kesalahan terburuk. Tidak ada rasa malu dalam meminta maaf dan memaafkan orang lain. Bahkan, meminta maaf dan memaafkan orang lain adalah tanda keberanian sejati.
Dorong anak-anak untuk menumbuhkan sikap memaafkan dan bergerak melewati rasa sakit dan kesalahan.

6. Ajarkan anak untuk membantu orang yang kurang beruntung

Menunjukkan kebaikan tak terduga tidak hanya hal yang manis untuk dilakukan, tetapi juga cara termudah untuk menyentuh kehidupan. Dorong anak-anak untuk menunjukkan kebaikan dan mengulurkan tangan untuk membantu kapan saja mereka bisa. Ini akan membantu mereka mengembangkan kasih sayang dan memahami perbedaan antara keinginan dan kebutuhan dalam hidup.

7. Ajarkan anak untuk selalu positif

Hidup ini tidak melulu tentang sinar matahari dan pelangi. Hidup adalah campuran pengalaman baik dan buruk. Jika Anda fokus pada sisi positif dari kehidupan lebih dari negatif, hidup tidak begitu buruk.
Dorong anak-anak untuk tetap positif, menghitung anugerah mereka dan mensyukuri hidup, seperti matahari terbenam yang indah atau keluarga yang luar biasa. Hal positif dan tawa dapat melindungi dari stres, sakit dan kejahatan di dunia.

8. Ajarkan anak untuk peduli terhadap lingkungan

Anak-anak harus tahu bahwa mereka hanya memiliki satu planet ini untuk hidup. Kita semua, oleh karena itu, perlu untuk melindungi dan menjaganya. Itu berarti merawat tanaman, hewan dan lingkungan alam di sekitar kita.
Dorong anak-anak untuk memberi makan burung, memelihara kucing dan bahkan tanaman air. Dengan begitu mereka akan menjadi sadar dan melindungi planet ini dan semua yang ada di dalamnya.

9. Ajarkan anak untuk menyikat gigi dan senantiasa rapi

Anak-anak perlu belajar bagaimana untuk membersihkan sejak usia dini. Dorong, dan bahkan berikan penghargaan, agar mereka menunjukkan perilaku kebersihan yang baik dan hidup sehat, termasuk makan dengan baik dan berolahraga secara teratur.
Ketika anak-anak bersih, sehat dan bahagia, semua orang senang.

10. Ajarkan anak untuk mencintai tanpa pamrih

Ajarkan anak-anak untuk mencintai diri sendiri dan orang lain bukan karena apa yang mereka lakukan, tetapi untuk siapa mereka. Dan ketika anak-anak sudah cukup tua, biarkan mereka tahu pentingnya mencintai pasangannya tanpa pamrih. Ini mungkin tidak nyaman, tapi jangan lupa untuk mengajarkan anak-anak bagaimana mengenali dan mengatakan “Tidak!” ketika seseorang melakukan pelecehan seksual.

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan di tengah Postingan 2

Kode Iklan atau kode lainnya